PERAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI RA SALAM MU’MININ

Authors

  • iis wahyuni IAI An Nur Lampung
  • Damroh Khoir IAI An Nur Lampung
  • Esen Pramudya Utama IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci : Profesionalitas Guru, Peningkatan Prestasi Belajar Pesera Didik

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik yang menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alami. Pengambilan data atau penjaringan fenomena dilakukan dari keadaan yang sewajarnya yang dikenal dengan sebutan ”pengambilan secara alami dan natural”. Dengan sifatnya ini maka peneliti dituntut terlibat secara langsung di lapangan dengan melihat bagaimana profesionalitas guru pendidikan Anak Usia Dini dalam meningkatkan Prestasi Peseta Didiknya..

Dalam hal ini peneliti berusaha memahami dan menggambarkan apa yang  dipahami dan digambarkan oleh subjek penelitian. Berdasar pada temuan data di lapangan, bahwa profesionalitas guru di RA Salam Mu’minin digambarkan dalam kemampuan pedagogik; yaitu kemampuan guru menyusun RPP, Silabus, Prota dan Prosem, kemampuan improvisasi metode pembelajaran dan kemampuan menilai hasil belajar Pesrta Didiknya melalui penilaiaan secara rutin. Kemampuan kepribadian; digambarkan dengan penanaman kedisiplinan (self discipline) dan tanggung jawab dalam tugas. Kemampuan sosial; digambarkan dengan hubungan komunikasi yang baik dengan kepala sekolah, teman sejawat, orangtua siswa dan partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Sedangkan kemampuan profesional; digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dilihat dari latar belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan guru mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusan yang dimilikinya, kemampuan memahami peserta didik, Pada hasil penelitian menerangkan bahwa guru RA Salam Mu’minin Jatinegara jakarta Timur telah menerapkan peran profesinalisme dengan baik. Namun alangkah baiknya jika kompetensi itu perlu ditingkatkan agar semakin lebih bagus kualitas Peserta Didiknya.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

iis wahyuni, Damroh Khoir, & Esen Pramudya Utama. (2023). PERAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI RA SALAM MU’MININ. UNISAN JURNAL, 2(1), 219–227. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/487

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.