SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA KEBANGSAAN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ratna Puspita Sari IAI ANNUR LAMPUNG
  • Ryuzen Praja Tuala IAI An Nur Lampung

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah,  Mutu Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; 1) Mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMA Kebangsaan Lampung Selatan, 2) Mendeskripsikan strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala SMA Kebangsaan Lampung Selatan, dan 3) Mendeskripsikan implikasi supervisi akademik kepala SMA Kebangsaan Lampung Selatan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Kebangsaan Lampung Selatan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu peneliti hanya mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa dan aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMA Kebangsaan Lampung Selatan dengan teknik pengumpulan data melalui: (1) Observasi (2) Wawancara Mendalam, dan (3) Studi Dokumentasi. Adapun pemilihan informan penelitian, menggunakan teknik purposif dipadukan dengan Snowball Sampling. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tadi kemudian dicek keabsahannya dengan cara triangulasi. Kemudian dianalisis dengan cara : (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan temuan sebagai berikut: (1) Program supervisi akademik kepala SMA Kebangsaan Lampung Selatan disusun berdasarkan hasil analisis supervisi dan pemantauan proses pembelajaran sebelumnya; Program supervisi akademik kepala sekolah disusun pada awal tahun pelajaran, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan dan menentukan  waktu pelaksanaannya, melibatkan wakasek kurikulum, wakasek penjamin mutu, dan guru; dan dilakukan secara sistimatis, (2) Strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah meliputi: melakukan supervisi perangkat pembelajaran, Supervisi dengan tehnik kunjungan kelas, dan pengamatan terhadap kegiatan guru di kelas, dan Pelaksanaan tindak lanjut terhadap hasil supervisi akademik dengan bentuk pembinaan personal dan kelompok. (3) Implikasi supervisi akademik kepala sekolah yaitu: (a) Meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran (b) Meningkatnya Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,(c) Meningkatnya kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa.

 

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ratna Puspita Sari, & Ryuzen Praja Tuala. (2022). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA KEBANGSAAN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 733–741. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/467

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.