PENGARUH SUPERVISI KLINIS PENGAWAS MADRASAH DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MTS NEGERI 2 LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • rosita IAI An Nur Lampung
  • Achmad Sarbanun IAI An Nur Lampung
  • Rina Setyaningsih IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci : Supervisi Klinis, Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Penelitian ini merumuskan masalah yaitu Adakah pengaruh Pengaruh Supervisi Klinis Pengawas Madrasah Dan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru  MTs Negeri 2 Lampung Tengah?Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh supervisi klinis pengawas madrasah dan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kompetensi pedagogik guru MTs Negeri 2 Lampung Tengah.Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, kemudian yang menjadi populasinya adalah seluruh guru MTs Negeri 2 Lampung Tengah yang berjumlah 30 guru. Karena sampel kurang dari 100, maka diambil seluruhnya yaitu berjumlah 30 guru. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, sedangkan untuk metode dokumentasi sebagai metode penunjang. Kemudian untuk menganalisa data menggunakan Korelasi Koefisien Linier Ganda Parsial. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha: Terdapat pengaruh yang signifikan antara suprvisi klinis pengawas madrasah dan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kompetensi pedagogik guru MTs Negeri 2 Lampung Tengah.

Hasil menunjukan bahwa hasil analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakan   analisis SPSS 19.0 dengan menghasilkan Uji analisis korelasi sederhana pengaruh (X1) dengan (Y) menunjukkan bahwa hasil analisis 0.000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan (X2) dengan (Y) menunjukkan bahwa hasil analisis 0,003< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Sedangkan pada Uji secara serempak (Uji F ) menunjukkan bahwa Pada tingkat signifikan 5% nilai F hitung lebih besar dari F tabel (7,645 > 4,737), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi yang signifikan dengan variabel terikat.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

rosita, Achmad Sarbanun, & Rina Setyaningsih. (2022). PENGARUH SUPERVISI KLINIS PENGAWAS MADRASAH DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MTS NEGERI 2 LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 862–872. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/408

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.