PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SD ISLAM ABU DZAR TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Kata Kunci: Religiusitas, Konsep Diri .Abstract
Peserta didik merupakan generasi harapan bangsa, pemimpin negeri dimasa yang akan datang yang seharusnya memiliki akhlakul karimah dan religius. Disertasi ini berjudul Pengaruh konsep diri terhadap religiusitas Peserta Didik SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh konsep diri terhadap religiusitas Peserta Didik SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan.
Penelitian dalam disertasi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi dan sampel sebanyak 51 konsep diri terhadap religiusitas Peserta Didik SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Validitas instrumen melalui korelasi Product Moment dan reliabilitas instrument melalui teknik belah dua.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah konsep diri memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap religiusitas Peserta Didik SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis teknik analisis regresi dan analisa jalur menggunakan software SPSS versi 23 dengan taraf signifikansi alpha 5 persen (α=0,05). Penelitian ini menghasiIkan Pengaruh antara konsep diri terhadap religiusitas Peserta Didik SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan adalah sebesar 0,818 sehingga besar kontribusinya adalah 18 %.