IMPLEMENTASI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 2 RANGAI TRITUNGGAL KATIBUNG LAMPUNG SELATAN – LAMPUNG

Authors

  • alamsah IAI An Nur Lampung
  • Damroh Khoir IAI An Nur Lampung
  • Nurul Hidayati Murtafiah IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Implementasi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Mutu Pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam Implementasi pengembangan profesional guru di SD Negeri 2 Rangai Tritunggal dengan fokus pembahasan pada: 1) langkah-langkah Implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah, 2) kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional, 3) model pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikut sertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pertama Implementasi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan & latihan, yang kedua Implementasi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya. (2) Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru yaitu kurang atau keterbatasan penguasaan IT di sekolah dan keterbatasan waktu, kurang kreatifitas guru dalam proses pembelajaran di kelas dan kurang banyaknya koleksi buku atau fasilitas sekolah, serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru- guru. (3) model yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program in service training atau In service training.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

alamsah, Damroh Khoir, & Nurul Hidayati Murtafiah. (2022). IMPLEMENTASI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 2 RANGAI TRITUNGGAL KATIBUNG LAMPUNG SELATAN – LAMPUNG. UNISAN JURNAL, 1(1), 852–861. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/406

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.