MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP UNGGULAN DARUSY SYAFA’AH KOTAGAJAH KECAMATAN KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Kata Kunci: Mutu Layanan Pendidikan, Jasa Layanan Pendidikan, Peserta Didik.Abstract
Kinerja kualitas layanan yang baik diharapkan dapat memenuhi harapan konsumen yang mana dengan dipenuhinya kepuasan masyarakat dapat terpenuhinya aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aspek bukti fisik (tangiblesI), (2) Aspek empati (empathy), (3) Aspek reliability, (4) Aspek Daya Tanggap (responsiveness), (5) Aspek Jaminan (assurance) di SMP Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1)Mutu layanan aspek bukti fisik (tangible) tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, namun belum tersedianya fasilitas perpustakaan dan ruang UKS, 2) Mutu Layanan aspek empati (emphaty) ditunjukkan dengan adanya kepedulian pada pengguna jasa dalam halinisiswa, adanya perhatian pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan dibawah rata-rata , 3) Mutu layanan aspek kehandalan (reliability) adalah dengan maemberikan layanan yang sesuai dengan dijanjikan, setiap informasi yang disampaikan akurat dan tepat sasaran, 4) Mutu layanan aspek daya tanggap (responsiveness) pihak SMP Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah ditunjukan dengan kesediaan dan kemampuan membantu kesulitan yang dihadapi siswa serta merespon secara cepat setiap masukan baik kritik maupun saran, 5) Mutu layanan aspek jaminan (assurance) menciptakan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran di SMP Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah dan output cukup memuaskan. Jumlah lulusan yang diterima disekolah lanjutan negeri serta kemampuan akademik yang menonjol.