MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP UNGGULAN DARUSY SYAFA’AH KOTAGAJAH KECAMATAN KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Abdul Azis IAI An Nur Lampung
  • An An Andari IAI An Nur Lampung
  • Sugiran IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Mutu Layanan Pendidikan, Jasa Layanan Pendidikan, Peserta Didik.

Abstract

Kinerja kualitas layanan yang baik diharapkan dapat memenuhi harapan konsumen yang mana dengan dipenuhinya kepuasan masyarakat dapat terpenuhinya aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aspek bukti fisik (tangiblesI), (2) Aspek empati (empathy), (3) Aspek reliability, (4) Aspek Daya Tanggap (responsiveness), (5) Aspek Jaminan (assurance) di SMP Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1)Mutu layanan aspek bukti fisik (tangible) tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, namun belum tersedianya fasilitas perpustakaan dan ruang UKS, 2) Mutu Layanan aspek empati (emphaty) ditunjukkan dengan adanya kepedulian pada pengguna jasa dalam halinisiswa, adanya perhatian pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan dibawah rata-rata , 3) Mutu layanan aspek kehandalan (reliability) adalah dengan maemberikan layanan yang sesuai dengan dijanjikan, setiap informasi yang disampaikan akurat dan tepat sasaran, 4) Mutu layanan aspek daya tanggap (responsiveness) pihak SMP Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah ditunjukan dengan kesediaan dan kemampuan membantu kesulitan yang dihadapi siswa serta merespon secara cepat setiap masukan baik kritik maupun saran, 5) Mutu layanan aspek jaminan (assurance) menciptakan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran di SMP Unggulan Darusy Syafa’ah Kotagajah dan output cukup memuaskan. Jumlah lulusan yang diterima disekolah lanjutan negeri serta kemampuan akademik yang menonjol.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Abdul Azis, An An Andari, & Sugiran. (2022). MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP UNGGULAN DARUSY SYAFA’AH KOTAGAJAH KECAMATAN KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 841–851. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/405

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.