IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM RANGKA MENCIPTAKAN MADRASAH YANG BERMUTU

Authors

  • amrozi amrozi IAI An Nur Lampung
  • Damroh Khoir IAI An Nur Lampung
  • Esen Pramudya Utama IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Manajerial, madrasah, Efektif/Bermutu.

Abstract

Kemampuan manajerial kepala Madrasah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas dan kemajuan Madrasah yang dipimpinnya. Dengan adanya  kemampuan  manajerial  diharapkan  kepala  Madrasah dapat  menjadikan  Madrasah yang dipimpinnya menjadi Madrasah yang bermutu. Pada Madrasah yang efektif kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam merencanakan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  

  • Bagaimana kemampuan  kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo  dalam merencanakan agar menuju Madrasah efektif ?
  • Bagaimana kemampuan  kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo  dalam pengendalian agar menuju Madrasah  efektif ?
  • Bagaimana kemampuan  kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo  dalam pengarahan agar menuju Madrasah  efektif ?  
  • Bagaimana kemampuan  kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo  dalam mengorganisasikan  agar menuju Madrasah  efektif ?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah (sebagai key informan), wakil kepala sekolah, guru, orang tua murid (komite sekolah) dan tata usaha (sebagai informan).

Hasil penelitian adalah : 1)  Kemampuan  manajerial  kepala  Madrasah dalam merencanakan menciptakan Madrasah yang bermutu sesuai dengan kriteria Madrasah yang bermutu, 2) Kemampuan manajerial kepala Madrasah dalam pengorganisasian Madrasah yang bermutu sesuai prosedur,  3)  Kemampuan  majaerial  kepala  Madrasah  dalam  Pengarahan  menciptakan Madrasah  yang bermutu   juga   sudah   berjalan   dengan   baik., 4)  Kemampuan   manajerial Pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala Madrasah dalam menciptakan Madrasah yang bermutu dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Dari keseluruhan manajerial kepala Madrasah maka dapat dinyatakan bahwa kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo  telah mampu menciptakan Madrasah efektif karena telah menerapkan indikator Madrasah yang bermutu yang mengacu pada input, proses, output dan outcome Madrasah.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

amrozi, amrozi, Damroh Khoir, & Esen Pramudya Utama. (2022). IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM RANGKA MENCIPTAKAN MADRASAH YANG BERMUTU. UNISAN JURNAL, 1(1), 760–770. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/403

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.