IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM RANGKA MENCIPTAKAN MADRASAH YANG BERMUTU
Keywords:
Kata Kunci: Manajerial, madrasah, Efektif/Bermutu.Abstract
Kemampuan manajerial kepala Madrasah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas dan kemajuan Madrasah yang dipimpinnya. Dengan adanya kemampuan manajerial diharapkan kepala Madrasah dapat menjadikan Madrasah yang dipimpinnya menjadi Madrasah yang bermutu. Pada Madrasah yang efektif kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam merencanakan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
- Bagaimana kemampuan kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo dalam merencanakan agar menuju Madrasah efektif ?
- Bagaimana kemampuan kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo dalam pengendalian agar menuju Madrasah efektif ?
- Bagaimana kemampuan kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo dalam pengarahan agar menuju Madrasah efektif ?
- Bagaimana kemampuan kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo dalam mengorganisasikan agar menuju Madrasah efektif ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah (sebagai key informan), wakil kepala sekolah, guru, orang tua murid (komite sekolah) dan tata usaha (sebagai informan).
Hasil penelitian adalah : 1) Kemampuan manajerial kepala Madrasah dalam merencanakan menciptakan Madrasah yang bermutu sesuai dengan kriteria Madrasah yang bermutu, 2) Kemampuan manajerial kepala Madrasah dalam pengorganisasian Madrasah yang bermutu sesuai prosedur, 3) Kemampuan majaerial kepala Madrasah dalam Pengarahan menciptakan Madrasah yang bermutu juga sudah berjalan dengan baik., 4) Kemampuan manajerial Pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala Madrasah dalam menciptakan Madrasah yang bermutu dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Dari keseluruhan manajerial kepala Madrasah maka dapat dinyatakan bahwa kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo telah mampu menciptakan Madrasah efektif karena telah menerapkan indikator Madrasah yang bermutu yang mengacu pada input, proses, output dan outcome Madrasah.