IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA SISWA SMA NURAIDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOGOR T.P. 2021/2022

Authors

  • Gunawan Adi Wijaya IAI An Nur Lampung
  • Cipto Handoko IAI An Nur Lampung
  • sunaryo IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Implementasi manajemen sumber daya tenaga kependidikan dan Kualitas layanan pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Mengimplementasikan manajemen sumber daya tenaga kependidikan dengan baik akan dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan Bahasa Arab, akan tetapi hasil penelitian awal penulis di SMA Nuraida Islamic Boarding School Bogor, manajemen sumber daya tenaga kependidikan telah diimplementasikan akan tetapi kualitas layanan pendidikan Bahasa Arab masih belum meningkat. Untuk itulah penulis mencoba meneliti tentang “Implementasi Manajemen Sumber Daya Tenaga kependidikan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan Bahasa Arab siswa di SMA Nuraida Islamic Boarding School Bogor”.

Adapun rumusan masalah pokok adalah bagaimana implementasi manajemen sumber daya tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan Bahasa Arab?, sehingga tujuan penelitiannya untuk mengetahui implementasi manajemen sumber daya tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan Bahasa Arab di SMA Nuraida Islamic Boarding School Bogor. Metode penelitian yang digunakan kualitatif, dengan sumber datanya: kepala madrasah, guru pendidikan Bahasa Arab dan siswa. Teknik pengumpulan data: observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini adalah: Implementasi manajemen sumber daya tenaga kependidikan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab di SMA Nuraida Islamic Boarding School Bogor, yaitu manajemen sumber daya tenaga kependidikan telah diimplementasikan baik pada tahap perencanaan, pembinaan dan pengembangan, penilaian dan kompensasi. Impelementasi manajemen sumber daya tenaga kependidikan seperti: merencanakan guru yang mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya, minimal S.1, terampil menggunakan metode dan media pembelajaran, mengembangkan kompetensi guru dngan mengikutsertakan guru dalam penataran dan seminar, motivasi melanjutkan pendidikan, memberikan penghargaan bagi guru berprestasi dan sanksi bagi guru yang kurang disiplin dan kinerjanya yang kurang baik, mengikutsertakan guru dalam setiap perkembangan madrasah, menerima dan mengembangkan ide dan potensi yang dimiliki guru, melakukan kegiatan supervisi langsung pada kegiatan guru-gurunya, hasil penilaian kinerja guru langsung ditindaklanjuti, memberikan penghargaan dan perhatian pada guru honorer.Kesimpulan penelitian: implementasi manajemen sumber daya tenaga kependidikan dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan Bahasa Arab siswa di SMA Nuraida Islamic Boarding School Bogor.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Adi Wijaya, G., Cipto Handoko, & sunaryo. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA SISWA SMA NURAIDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOGOR T.P. 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 817–830. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/402

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.