Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts. Al Muhajirin Karang Maritim Kec. Panjang Kota Bandarlampungtahun Ajaran 2021/2022
Keywords:
Manajemen, Kinerja GuruAbstract
Kinerja Guru merupakan faktor pendukung untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan MTs. Al Muhajirin menerapkan manajemen pendidikan yang juga diterapkan oleh madrasah-madrasah lainnya, yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, namun implementasi fungsi-fungsi manajemen tersebut dapat maningkatkan kinerja Guru MTs. Al Muhajirin . Untuk itu penulis akan meneliti manajemen yang digunakan MTs. Al Muhajirin tersebut, guna mengungkapkan manajemen pendidikannya diterapkan di MTs. Al Muhajirin dalam upaya peningkatkan kinerja Guru MTs. Al Muhajirin. Penelitian ini ditempuh dengan melalui observasi langsung kelokasi penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisa data nya melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai kesimpulan akhir tesis ini diperoleh hasil bahwa: Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan di MTs. Al Muhajirin yaitu Manajemen yang transparan efektif, akuntabel dan partisipatif, dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen teori George Terry yaitu menjalankan fungsi-fungsi manajemen pendidikan diawali dengan perencanaan seluruh program diantara nya perumausan visi, misi dan tujuan serta perencaaan peningkatan Mutu Madrasah di MTs. Al Muhajirin . Namun Sistem pengorganisasian dengan merekrut tenaga yang profesional yang sesuai kebutuhan dan latar belakang pendidikan serta pengalaman belum sepenuhnya tercapai, dan masih adanya guru yang tingkat kehadiranya rendah pengerakan dan pengawasan yang diawasi oleh Kepala Madrasah dan jajarannya dengan evaluasi yang terus menerus dan berkelanjutan, yang teryata merupakan upaya MTs. Al Muhajirin untuk meningkatkan kinerja