Menejemen Sistem Rekrutmen Dan Pembinaan Kompetensi Guru Di Mts Sriwijaya Sribhawono Lampung Timur

Authors

  • kurnia hidayat iai an nur lampung
  • Ryuzen Praja Tuala IAI An Nur Lampung
  • Muhammad Yasin IAI An Nur Lampung

Keywords:

Sistem Rekruetmen, Pembinaan Guru

Abstract

Rekrutmen merupakan usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam mengisi jabatan-jabatan terntu yang masih kosong. Dengan rekrutmen diharapkan pencari kerja yang berkualitas tinggi akan mengetahui adanya kesempatan kerja. Hal ini dikarenakan rekrutmen merupakan langkah awal dalam keseluruhan tahapan. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil judul “Menejemen Sistem Rekrutmen Dan Pembinaan Kompetensi Guru Di MTs Sriwijaya Sribhawono Lampung Timur”. Penelitian ini bertempat di Lampung Timur dengan mengambil sampel 3 madrasah yaitu MTs Sriwijaya Sribhawono Lampung Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Sistem Rekrutmen dan Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lampung Timur?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Sistem Rekrutmen dan Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lampung Timur. Untuk menjawab masalah penelitian maka digunakan jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian terhadap suatu kancah kehidupan atau lapangan kehidupan masyarakat yang bertujuan menghimpun data atau informasi tentang masalah tertentu mengenai kehidupan masyarakat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan beberapa langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan teknik penelitian. Sistem rekrutmen guru baru di MTs Sriwijaya Sribhawono Lampung Timur  belum cukup bagus meliputi langkah yaitu menyajian berbagai undang-undang atau peraturan pemerintah, peraturan yayasan yang berkenaan dengan peraturan penerimaan guru, menetapkan persyaratan-persyaratan untuk melamar menjadi guru baru, menetapkan prosedur pendaftaran guru baru, menetapkan jadwal rekrutmen guru baru, menyiapkan fasilitas yang diperlukan dalam proses rekrutmen.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

hidayat, kurnia, Ryuzen Praja Tuala, & Muhammad Yasin. (2022). Menejemen Sistem Rekrutmen Dan Pembinaan Kompetensi Guru Di Mts Sriwijaya Sribhawono Lampung Timur . UNISAN JURNAL, 1(1), 614–622. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/284

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.