Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Daaru Sunnah Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2021/2022
Keywords:
Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Peserta DidikAbstract
Pengembangan kepribadian peserta didik di sekolah khususnya dalam pembinaan akhlak menjadi tema penting dan mendapatkan perhatian dari semua praktisi pendidikan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti ingin mengetahui “Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Madrasah Tsnawiyah Daarus Sunnah Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2021/2022”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Daarus Sunnah Wangon, 2) Untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Daarus Sunnah Wangon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Daarus Sunnah Wangon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi kepribadian guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Daarus Sunnah Wangon diketahui sebagai berikut: 1). Pada aspek beriman dan bertaqwa telah berprilaku yang mencerminkan ketakwaan. 2). Berakhlak mulia bertindak sesuai dengan norma religius. 3). Arif dan bijaksana yang menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak. 4). Berwibawa memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik, memiliki perilaku yang disegani. 5). Stabil, bangga sebagai guru dengan indikasi memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma. dan berkerja mandiri secara professional.