Studi Tentang Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Mts Darul Mustofa Desa Pancawarman Kecamatan Pedamaran Timur Oki Tahun Pelajaran 2021/2022
Keywords:
Pembinaan Akhlak, Kegiatan EkstrakurikulerAbstract
Tesis ini mengkaji upaya yang dilakukan pembina ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Darul Mustofa. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini meliputi berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler ROHIS yang dilaksanakan di MTs Darul Mustofa, upaya yang dilakukan oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler ROHIS dalam membina akhlak mulia peserta didik di MTs Darul Mustofa dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler ROHIS di MTs Darul Mustofa. Untuk membahas permasalahan yang diajukan tersebut, dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang diperoleh yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Sekolah, pembina kegiatan ekstrakurikuler ROHIS, Kepala Tata Usaha dan peserta didik. Data yang dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Untuk mengkaji permasalahan dalam tesis ini, digunakan pendekatan interdisipliner, yaitu pendekatan teologis-normatif, pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 11 bentuk kegiatan ekstrakurikuler ROHIS yang di kembangkan di MTs Darul Mustofa dan semuanya mengarah pada upaya pembinaan akhlak peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan pembina kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan peserta didik meliputi upaya menanamkan dan membangkitkan keyakinan beragama, menanamkan etika pergaulan baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan madrasah serta menanamkan kebiasaan yang baik berupa kedisiplinan, tanggung jawab, melakukan hubungan sosial dan melaksanakan ibadah ritual.