Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurul Huda Sribhawono Lampung Timur
Keywords:
Kepemimpinan Kepala Madrasah, Profesionalitas GuruAbstract
Peningkatan profesionalitas guru dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah/madrasah sebagai seorang leader dalam mengelola lembaga pendidikan. Berdasarkan data yang didapat pada saat pra survei dilapangan, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sribhawono Lampung Timur adalah salah satu lembaga pendidikan yang dipimpin oleh seorang kepala madrasah dengan gaya kepemimpinan yang demokratis, namun dibalik kepemimpinan yang demokratis tersebut madrasah ini memiliki permasalahan tentang tingkat profesionalitas guru. Â Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis merasa bahwa masalah gaya kepemimpinan kepala madrasah dan masalah profesionalitas guru adalah sebuah permasalahan yang layak dilakukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu penulis berusaha untuk melakukan penelitian tantang gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sribhawono Lampung Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus (casestudy), dalam arti penelitian fokus pada kasus (fenomena) yang kemudian dipahamai dan dianalisa secara mendalam. Penulis menggunakan tehnik observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah penulis mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini kemudian penulis lakukan analisis data tentang gaya kepemimpinan dan profesionaltas guru dan akhirnya memperoleh kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sribhawono Lampung Timur adalah gaya kepemimpinan demokratis namun untuk situasi tertentu terkadang juga menerapkan gaya kepemimpinan laizes fire.