Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Mengajar Di Smp Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • dwiindah sari iai an nur lampung
  • Sulthan Syahril IAI An Nur Lampung
  • Rina Setyaningsih IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kepala sekolah, mutu, kegiatan belajar

Abstract

Mutu Pendidikan atau mutu KBM di Indonesia ini masih sangat rendah dibandingkan negara-negara lain, untuk itu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia ini sangat diperlukan usaha dari berbagai pihak. Pihak-pihak tersebut selain pemerintah dan masyarakat adalah kepala sekolah. Karena Kepala sekolah adalah sebagai pemimpin di lembaga pendidikan, oleh sebab itu kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu KBM. Meningkatnya  mutu  KBM  dapat  diukur  melalui  beberapa  syarat,  yaitu  input, proses dan output. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini ingin mengetahui sampai mana Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu KBM serta Faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan mutu KBM di SMP Negeri 6 Bandar Lampung.Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu: untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu KBM di SMP Negeri 6 Bandar Lampung, untuk  mengetahui  faktor  pendukung  dan  penghambat  dalam meningkatkan Mutu KBM di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Pada dasarnya penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan dengan sejelas mungkin mengenai individu atau kelompok tertentu sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif dengan data yang tidak bisa direalisasikan dengan angka. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Bandar Lampung. selalu mengupayakan dalam Peningkatkan  Mutu  KBM  dengan  berbagai  cara,  diantaranya  adalah  selalu mengadakan atau mengikuti training kemampuan untuk mengelola KBM, selalu mengupayakan guru sesuai kompetensinya masing-masing, selalu memberikan pembinaan atau motivasi kepada siswa, selalu mengupayakan sarana prasarana dan  media  pembelajaran  untuk  menunjang  KBM,  selalu  mengawasi  jalannya KBM.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

sari, dwiindah, Sulthan Syahril, & Rina Setyaningsih. (2022). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Mengajar Di Smp Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 592–603. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/275

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.