Pelaksanaan Manajemen Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dalam Peningkatan Pelayanan Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Smpit Az-Zahra Desa Way Huwi Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan )

Authors

  • irfani salatin iai an nur lampung
  • M. Nasor IAI An Nur Lampung
  • Etika Pujianti IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Peserta Didik

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi termasuk lembaga pendidikan sekolah dalam kancah lingkungan yang kompetitif, pastinya tidak terlepas dari bagaimana kemampuan sekolah dalam mencari tahu dan memenuhi  kebutuhan serta memberikan pelayanan yang baik terutama dalam proses pembelajaran secara efektif. Upaya pelayanan terhadap pengguna pendidikan (siswa) merupakan salah satu strategi penting bagi lembaga untuk mencapai pendidikan yang  berkualitas dan  bermutu sebab pelayanan terhadap siswa akan memberikan respon penilaian kepada  lembaga pendidikan. Maka dari itu, peneliti perlu melakukan penelitian menyangkut pelayanan proses pembelajaran di SMPIT Az-Zahra Way Huwi serta upaya-upaya di dalamnya. Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah: bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan manajemen wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam meningkatkan pelayanan proses pembelajaran di SMPIT Az-Zahra Way Huwi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.   Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai  instrumen kunci di samping instrumen pendukung lainnya seperti pedoman wawancara, panduan observasi dan alat-alat rekam audio dan video. Peneliti melakukan penelitian di SMPIT Az-Zahra Way Huwi yang menjadi subjek atau sumber data dalam penelitian ini  adalah guru bidang , waka kesiswaan dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan mengenai manajemen kesiswaan disusun dengan dasar kemampuan sekolah dan memenuhi kebutuhan peserta didik dan tuntutan zaman.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

salatin, irfani, M. Nasor, & Etika Pujianti. (2022). Pelaksanaan Manajemen Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dalam Peningkatan Pelayanan Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Smpit Az-Zahra Desa Way Huwi Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan ). UNISAN JURNAL, 1(1), 522–532. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/274

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.