Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Smk Praja Utama Lampung Timur Tahun 2021/2022

Authors

  • herlin merdiana iai an nur lampung
  • Abdurrochman IAI An Nur Lampung
  • Norma Fitria IAI An Nur Lampung

Keywords:

Implementasi Manajemen, Gaya Kepemimpinan Situasional

Abstract

Kepala Sekolah  sebagai pemimpin dan juga supervisor pendidikan pada unit kerja Sekolah  pada dasarnya berperan membantu dan membimbing guru dalam arti yang sangat luas. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang akan dicapai, proses mempengaruhi, mendorong, membimbing dan menggerakkan para guru dan karyawan dilakukan oleh kepala Sekolah . Pola kepemimpinan kepala Sekolah , gaya kepemimpinan dan manajemen Sekolah  yang baik dan transparan merupakan tolak ukur Sekolah  yang baik. Hal itu yang kemudian memotivasi penulis dalam mengkaji Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah  Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Dari hasil analisis data yang diperoleh adalah bahwa: 1) Kepala Sekolah  memahami betul bagaimana memposisikan diri menjadi pemimpin Sekolah  yang baik, terkait tugas dan kewajiban kepada guru. Artiya secara garis besar kemampuan kepala Sekolah  memberitahukan (telling) informasi terkait tugas dan kewajiban sangat mempengaruhi steakholder Sekolah  dilakukan dengan cara-cara yang sistematis dan lebih menjurus pada gaya kepemimpinan situasional. 2) Kepala Sekolah  menjajakan tugas dan tanggung jawab kepada guru sehingga mampu memposisikan guru-guru tertentu sesuai dengan keahlian di bidangnya. 3) Kepala Sekolah  mengikutsertakan guru terkait pengambilan keputusan. 4) Kepala Sekolah  mendelegasikan suatu tanggung jawab pada orang perorangan sehingga mampu menstimulus kemampuan pengambilan keputusan dengan bijak oleh guru serta segala bentuk tugas, tanggung jawab, pengambilan keputusan, juga wewenang terkait program maupun agenda Sekolah.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

merdiana, herlin, Abdurrochman, & Norma Fitria. (2022). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Smk Praja Utama Lampung Timur Tahun 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 570–580. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/272

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.