Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Smk Praja Utama Lampung Timur Tahun 2021/2022
Keywords:
Implementasi Manajemen, Gaya Kepemimpinan SituasionalAbstract
Kepala Sekolah sebagai pemimpin dan juga supervisor pendidikan pada unit kerja Sekolah pada dasarnya berperan membantu dan membimbing guru dalam arti yang sangat luas. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang akan dicapai, proses mempengaruhi, mendorong, membimbing dan menggerakkan para guru dan karyawan dilakukan oleh kepala Sekolah . Pola kepemimpinan kepala Sekolah , gaya kepemimpinan dan manajemen Sekolah yang baik dan transparan merupakan tolak ukur Sekolah yang baik. Hal itu yang kemudian memotivasi penulis dalam mengkaji Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Dari hasil analisis data yang diperoleh adalah bahwa: 1) Kepala Sekolah memahami betul bagaimana memposisikan diri menjadi pemimpin Sekolah yang baik, terkait tugas dan kewajiban kepada guru. Artiya secara garis besar kemampuan kepala Sekolah memberitahukan (telling) informasi terkait tugas dan kewajiban sangat mempengaruhi steakholder Sekolah dilakukan dengan cara-cara yang sistematis dan lebih menjurus pada gaya kepemimpinan situasional. 2) Kepala Sekolah menjajakan tugas dan tanggung jawab kepada guru sehingga mampu memposisikan guru-guru tertentu sesuai dengan keahlian di bidangnya. 3) Kepala Sekolah mengikutsertakan guru terkait pengambilan keputusan. 4) Kepala Sekolah mendelegasikan suatu tanggung jawab pada orang perorangan sehingga mampu menstimulus kemampuan pengambilan keputusan dengan bijak oleh guru serta segala bentuk tugas, tanggung jawab, pengambilan keputusan, juga wewenang terkait program maupun agenda Sekolah.