Pengaruh Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Akhlak Siswa Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • kalman hadi iai an nur lampung
  • Abdul Roni IAI An Nur Lampung
  • Supatmi IAI An Nur Lampung

Keywords:

Pendidikan dalam Keluarga, Akhlak

Abstract

Remaja adalah masa yang penuh dengan kesukaran, remaja dalam tahap ini sangat membutuhkan pertolongan orang lain. Dilihat dari segi umur, masa remaja merupakan masa transisi dari tahap kanak-kanak menuju tahap kedewasaan. Akhlak dalam kehidupan dan pergaulan dimasyarakat mempunyai kedudukan yang sangat penting, dengan akhlak yang baik, seseorang akan dapat dihargai dan dihormati orang lain. Oleh karena itu, Islam memberikan perhatian yang sangat besar terhadap akhlak atau budi pekerti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap akhlak siswa Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022 dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan terhadap akhlak Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara, angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat pendidikan terhadap akhlak Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh tingkat pendidikan terhadap akhlak Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai analisis yang telah penulis lakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (x2) dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (xh2) sebesar 16,377 adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (xt2), baik pada taraf signifikan 1% (13,227) maupun pada taraf signifikan 5% (9,488). Sehingga Ha dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa terdapat tidaknya pengaruh tingkat pendidikan terhadap akhlak siswa Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

hadi, kalman, Abdul Roni, & Supatmi. (2022). Pengaruh Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Akhlak Siswa Di Mts Luqmanul Hakim Batumarta Tahun Pelajaran 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 557–564. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/271

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.