Kepemimpinan Kepala Sekolah Berdasarkan Kecerdasan Emosional Di Smp It Mutiara Qolbu Oku Timur 2022

Authors

  • adi putra iai an nur lampung
  • Rita Linda IAI An Nur Lampung
  • Tamyiz IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional

Abstract

Kecerdasan Emosional adalah salah satu sudut pandang yang mampu menganalisis kepemimpinan seorang Kepala Sekolah. Yayasan Lembaga Pendidikan SMP IT Mutiara Qolbu adalah salah satu yayasan yang sedang berkembang di Kabupaten OKU Timur. Kepemimpinan Kepala Sekolah berdasarkan kecerdasan emosional dianggap sangat baik. Ini memiliki dampak positif pada keberlanjutan fondasi organisasi. Oleh karena itu para peneliti mencoba menganalisis kepemimpinan Kepala SMP IT Mutiara Qolbu OKU Timur  yang fokus dari sudut pandang kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan kepemimpinan Kepala    SMP IT Mutiara Qolbu OKU Timur  dan menganalisis sudut pandang kecerdasan emosi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi, yang dalam penelitian ini lebih ditekankan pada sumber teknik triangulasi. Sumbernya adalah semua warga sekolah baik, lingkungan, orang-orang di sekitarnya termasuk guru-guru di SMP IT Mutiara Qolbu OKU Timur  . Sumber tersebut akan berisi data kepemimpinan kepala SMP IT Mutiara Qolbu OKU Timur  berdasarkan kecerdasan emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepala SMP IT Mutiara Qolbu OKU Timur  pemimpin yang baik dipandang dari sudut kecerdasan emosional. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan kepemimpinan primal dengan sangat baik. Itu dibuktikan dengan triangulasi data dan sumber. Kepala SMP IT Mutiara Qolbu OKU Timur  memiliki komitmen yang tinggi terhadap visi masa depan, terutama pada masa-masa stres atau di tengah meningkatnya tanggung jawabKepala sekolah memiliki kesadaran diri dan manajemen diri yang baik, kesadaran sosial yang baik dan manajemen hubungan yang baik.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

putra, adi, Rita Linda, & Tamyiz. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berdasarkan Kecerdasan Emosional Di Smp It Mutiara Qolbu Oku Timur 2022. UNISAN JURNAL, 1(1), 544–556. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/270

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.