Sistem Menejemen Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Min 4 Lampung Timur

Authors

  • ubaidillah ali iai an nur lampung
  • Ryuzen Praja Tuala IAI An Nur Lampung
  • Muhammad Yasin IAI An Nur Lampung

Keywords:

Manajemen Kepemimpinan, Kinerja Guru

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu unsur terpenting dalam jalannya sebuah organisasi, karena maju tidaknya sebuah organisasi sangat bergantung dan ditentukan oleh pemimpinnya. Kepentingan kepemimpinan adalah tanggung jawab seseorang pemimpin untuk mampu memilih strategi agar orgnisasi dapat sukses, bertumbuh dan berhasil dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan. Berdasarkan pada hasil pra survey, diketahui bahwa kepala organisasi kelembagaan di madrasah memiliki peranan sangat besar dan penting dalam memotivasi kinerja guru. Dalam penelitian pendahuluan tentang Sistem Menejemen Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur, diketahui bahwa kepemimpinannya belum optimal. Namun, kinerja guru Madrasah tersebut pada umumnya sudah cukup baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala madarasah, wakil dan guru MIN 4 Lampung Timur, sedangkan dokumen penunjang penelitian sebagai data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala MIN 4 Lampung Timur dilakukan melalui kemampuannya dalam mempengaruhi guru, dalam memberi perintah kepada guru, dalam memotivasi guru, serta kemampuanya dalam menciptakan rasa percaya diri guru. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyeh Negeri 4 Lampung Timur, namun belum optimal. Adapun kinerja Guru MIN 4 Lampung Timur berdasarkan analisis data, pada umumnya sudah cukup baik.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

ali, ubaidillah, Ryuzen Praja Tuala, & Muhammad Yasin. (2022). Sistem Menejemen Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Min 4 Lampung Timur. UNISAN JURNAL, 1(1), 533–543. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/265

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.