IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Authors

  • Abdurrosyid Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Supervisi akademik, Mutu Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervisi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPI Al-Amin Mekar Sari. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas (sebab-akibat). Penelitian ini mengkaji dan menganalisa implementasi supervisi akademik dalam meningkatakan mutu pembelajaran. Berdasarkan pembahasan yang sudah dilakukan sesuai dengan fokus utama penelitian ini yaitu meningkatkan kerja guru melalui kepemimpinan SMPI Al- Amin Mekar Sari diperoleh bahwa Kepemimpinan kepala Sekolah Kabupaten Lampung Tengahdinilai sudah baik karena telah menjalankan kepemimpinan sesuai dengan kebutuhan organisasi madrasah. Hal yang menarik dari kepemimpinan kepala Sekolah di Kabupaten Lampung Tengahini adalah pola kepemimpinan piramida terbalik, yaitu pemimpin yang menempatkan dirinya sebagai pelayan. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di Kabupaten Lampung Tengah. Meskipun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa kinerja guru Kabupaten Lampung Tengahmasih perlu terus ditingkatkan agar lebih optimal terutama terhadap tiga temuan tersebut diatas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bukan hanya kepemimpinan saja yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru, akan tetapi masih ada berbagai faktor lain yang juga menjadi perhatian serta analisa yang harus ditingkatkan.

 

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Abdurrosyid. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN . UNISAN JURNAL, 3(3), 213–220. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2460

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.