PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Witra Widodo Universitas Islam An Nur Lampung
  • Fardarita Universitas Islam An Nur Lampung
  • Dedi Irawan Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Pendekatan Kontektual, Prestasi Belajar, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI dengan pendekataan kontektual. Metode penelitian mengguna­kan penelitian kualitatif. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan kontekstual memiliki potensi besar untuk meningkatkan prestasi belajar di SD Insan Mandiri. Dengan menerapkan pendekatan ini, terdapat beberapa hal yang dapat ditekankan: 1) Peningkatan Keterlibatan Siswa: 2) Pemahaman yang Lebih Mendalam; 3) Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis hal ini dapat membantu dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa karena mereka diajak untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai agama Islam; 4) Peningkatan Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-hari. Dengan demikian, penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan kontekstual di SD Insan Mandiri dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep agama Islam, dan mendorong penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Witra Widodo, Fardarita, & Dedi Irawan. (2024). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR . UNISAN JURNAL, 3(3), 221–229. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2459

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.