KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Peran Guru, Minat Belajar.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berlokasi di MIN 12 Bandar Lampung . Peneliti melakukan wawancara terstruktur maupun wawancara tidak terstruktur dengan para nara sumber (guru-guru Pendidikan Agama Islam SMPIT) dengan didukung oleh data dokumentasi dan observasi secara langsung. Sebagai temuan dalam penelitian ini yaitu ada peran khusus tentang tinjauan peranan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MIN 12 Bandar Lampung , maka dapat disimpulkan bahwa selain tiga peran yaitu guru sebagai pendidik, pembina dan pengawas ,guru juga sebagai teladan maupun pendamping yang telah dilakukan, membuktikan bahwa peranan guru sangat mempengaruhi dalam meningkatnya minat siswa belajar PAI, di MIN 12 Bandar Lampung . Sekolah ini menjalankan dua (2) kurikulum yaitu kurikulum umum dan kurikulum khusus (keIslaman / keagamaan aktivitas kegiatan praktek ibadah harian seperti berwudhu, sholat dhuha, muroja‟ah hafalan, sholat dzuhur berjama‟ah, begitu juga dengan azan tapi siswa tetap memiliki minat belajar PAI dengan baik. Artinya dengan peran guru yang dijalankan dengan baik, maka dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar PAI walaupun muatan materinya ditambah, sehingga perlunya penambahan waktu belajar PAI di Sekolah terutama di MIN 12 Bandar Lampung .