PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Saryati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Profesionalisme guru, Minat belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat ada tidaknya hubungan profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian bersifat deskriptif korelatif. Alat pengumpul data yang digunakan diantaranya pedoman wawancara, obsevasi, angket dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Prosedur penelitian mencakup tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan (planning); (b) penerapan tindakan (action); (c) mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation); dan (d) melakukan refleksi (reflecting). Pada uji intrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas dan regresi berganda. Pada uji hipotesis dilakukan uji korelasi untuk melihat apakah ada hubungan antara profesionalisme guru terhadap minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubugan antara Profesional Guru dengan Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri 2 Lampung Tengah. Kompetensi Profesional Guru dan Prestasi Belajar Siswa berkorelasi sebesar 0,7647. Ini berarti bahwa apabila tingkat kompetensi profesional guru  tinggi, maka prestasi belajar siswa  cenderung tinggi. Dengan demikian teori yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa MTs Negeri 2 Lampung Tengah  telah teruji dan terbukti.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Saryati. (2024). PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG TENGAH. UNISAN JURNAL, 3(3), 265–273. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2454

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.