PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG TENGAH
Keywords:
Profesionalisme guru, Minat belajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat ada tidaknya hubungan profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian bersifat deskriptif korelatif. Alat pengumpul data yang digunakan diantaranya pedoman wawancara, obsevasi, angket dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Prosedur penelitian mencakup tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan (planning); (b) penerapan tindakan (action); (c) mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation); dan (d) melakukan refleksi (reflecting). Pada uji intrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas dan regresi berganda. Pada uji hipotesis dilakukan uji korelasi untuk melihat apakah ada hubungan antara profesionalisme guru terhadap minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubugan antara Profesional Guru dengan Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri 2 Lampung Tengah. Kompetensi Profesional Guru dan Prestasi Belajar Siswa berkorelasi sebesar 0,7647. Ini berarti bahwa apabila tingkat kompetensi profesional guru tinggi, maka prestasi belajar siswa cenderung tinggi. Dengan demikian teori yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa MTs Negeri 2 Lampung Tengah telah teruji dan terbukti.