MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH
Keywords:
Manajemen Kepala Madrasah, Kompetensi Guru.Abstract
Suatu negara akan maju jika memiliki pendidikan yang baik, pendidikan yang baik dapat terjadi jika guru-guru memiliki kompetensi yang baik pula. Seorang pendidik atau guru memiliki peranan sangat penting dalam membentuk karakter dan memotivasi minat belajar peserta didik, sehingga sangat penting meningkatkan kemampuannya atau kompetensi guru. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen administrative madrasah. Teknik pengumpulan data Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validasi data Peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan Manajemen Kepala madrasah Tsanawiyah dalam implementasi fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan telah dilaksanakan dengan baik, diantaranya pembuatan rencana kegiatan beserta anggarannya, pengorganisasian: membagi tugas kepada bawahannya, personilnya tentang tugas dan tanggungjawabnya, penggerakan: memotivasi san memberikan reward dan punishman sebagai penghargaan dan teguran kepada hasil kinerja guru, dan pengawasan: melakukan pengawasan dan evaluasi di semua kegiatan diawal pelaksanaan, saat pelaksanaan dan setelah selesai kegiatan. Manajemen Kepala Madrasah tersebut telah dapat meningkatkan secara optimal pada Kompetensi guru di MA Miftahul Ulumyaitu kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian tapi kurang optimal dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional.