MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • ETY NUR SETIANINGSIH Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Manajemen Kepala Madrasah, Kompetensi Guru.

Abstract

Suatu negara akan maju jika memiliki pendidikan yang baik, pendidikan yang baik dapat terjadi jika guru-guru memiliki kompetensi yang baik pula. Seorang pendidik atau guru memiliki peranan sangat penting dalam membentuk karakter dan memotivasi minat belajar peserta didik, sehingga sangat penting meningkatkan kemampuannya atau kompetensi guru. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen administrative madrasah. Teknik pengumpulan data Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validasi data Peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan Manajemen Kepala madrasah Tsanawiyah dalam implementasi fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan telah dilaksanakan dengan baik, diantaranya pembuatan rencana kegiatan beserta anggarannya, pengorganisasian: membagi tugas kepada bawahannya, personilnya tentang tugas dan tanggungjawabnya, penggerakan: memotivasi san memberikan reward dan punishman sebagai penghargaan dan teguran kepada hasil kinerja guru, dan pengawasan: melakukan pengawasan dan evaluasi di semua kegiatan diawal pelaksanaan, saat pelaksanaan dan setelah selesai kegiatan. Manajemen Kepala Madrasah tersebut telah dapat meningkatkan secara optimal pada Kompetensi guru di MA Miftahul Ulumyaitu kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian tapi kurang optimal dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

ETY NUR SETIANINGSIH. (2024). MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH . UNISAN JURNAL, 3(3), 281–292. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2451

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.