KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Syuj'an Ridho Siregar Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Manajerial Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui, kompetisi manajerial kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di Ma’had Al-Imam Adz-Dzahabi  Jati Asih Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data terdiri atas sumber  data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Hasil uji secara parsial antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadapkinerja guru diperoleh nilai p value = 0.000 < 0.05. Nilai p value tersebut kurang atau lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 yang berarti bahwa hipotesis yangmenyatakan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di Ma’had Al-Imam Adz-Dzahabi  Jati Asih Kota Bekasi diterima dengan besarnya pengaruh sebesar 49.4%; 2) Hasil uji secara parsial antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh p value 0.000 < 0.05 yang berarti hipotesis yang menyatakan gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dapat diterima dengan besarnya pengaruh sebesar 58.9%; 3) Berdasarkan uji simultan atau uji F terhadap kemampuan manajerial kepala sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama diperoleh hasil nilai R sebesar 0.776 a dan R square sebesar 0.602 dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan besarnya pengaruh adalah sebesar 60.2% artinya antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan pengaruh dan dukungan terhadap kinerja gurudalam mengajar dengan signifikan. Sedangkan sisanya 39.8% dipengaruhi oleh faktor lain dari kinerja guru seperti faktor, usia, tingkat kepuasan, masa kerja maupun pengalaman serta pendidikan guru. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru, sehingga diperlukan tindakan- tindakan yang tepat agar kemampuan manajerial dan gaya kepemimpinan kepala sekolah menjadi maksimal dalam meningkat kinerja guru.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Syuj’an Ridho Siregar. (2024). KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU . UNISAN JURNAL, 3(3), 305–315. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2449

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.