IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH SMPI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM

Authors

  • Nurfadillah Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah

Abstract

Pendidikan sekolah diselenggarakan untuk melanjutkan dan memperluas pendidikan dasar serta mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang dapat memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungan, sosial budaya dan dapat mengembangkan lebih banyak keterampilan dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah SMPI Integral Luqman Al Hakim . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam dengan informan, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan analisis temuan implementasi gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah SMPI Integral Luqman Al Hakim . Keberhasilan suatu organisasi tidak akan lepas dari berbagai faktor yang mendukungnya. Gaya kepemimpinan situasional dapat mempengaruhi kinerja guru dan karyawan. kepemimpinan adalah proses untuk dapat memimpin. Pemimpin harus melakukan sesuatu. pemimpin harus memberi tahu guru dan karyawan untuk mengambil tindakan. Pemimpin memberi tahu guru dalam berbagai cara, seperti menggunakan otoritas yang dilegitimasi, menciptakan model (menetapkan contoh), menetapkan tujuan, memberi penghargaan dan legal, merestrukturisasi organisasi, dan mengomunikasikan visi.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Nurfadillah. (2024). IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH SMPI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM . UNISAN JURNAL, 3(3), 316–323. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2448

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.