PENGARUH BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DI SD ISLAM SARIBUMI SIDOARJO

Authors

  • Ahmad Yasin Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Budaya Kerja, Motivasi kerja, Kkinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana budaya kerja dan motivasi Kerja terhadap kinerja guru PAI di SD Islam Saribumi Sidoarjo serta bagaimana usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru PAI di SD Islam Saribumi Sidoarjo dapat dilihat dari kemampuannya dalam melaksanakan tugas profesinya, yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam proses belajar mengajar guru PAI mengampu mata pelajaran yang sesuai dengan dasar pendidikan dan keilmuan yang dipelajarinya, sehingga guru mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajarmengajar dengan baik, walaupun masih ada beberapa guru yang mempunyai latar belakang pendidikan bukan dari bidang atau jurusan keguruan. Berkaitan dengan kinerja, guru PAI di SD Islam Saribumi Sidoarjo dalam menjalankan tugasnya mempunyai komitmen dan kesetiaan yang tinggi serta didasarkan atas pengabdian, selain itu juga guru disiplin dan mampu bekerja sama dengan seluruh warga sekolah untuk melaksanakan program-program sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru.

 

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ahmad Yasin. (2024). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DI SD ISLAM SARIBUMI SIDOARJO. UNISAN JURNAL, 3(3), 324–333. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2447

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.