MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Authors

  • Anas Wahyudi Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Mutu Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan pelaksanaan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajara di ma banii saalim kota Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu penerapan komponen kurikulum 2013, menerapkan tahapan dalam penyusunan kurikulum, membuat strategi dan program unggulan serta menciptakan kerja sama semua pihak yang membangun, adanya peserta didik yang meraih prestasi sehingga manajemen kurikulum di madrasah aliyah dapat meningkatkan mutu pembelajaran, 2) Pelaksanaan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran berjalan dengan lancar dan pendidik menggunakan berbagai macam model, metode dan media pembelajaran, pelaksanaan manajemen kurikulum memiliki kesesuaian dengan peningkatan mutu pembelajaran, 3) Faktor pendukung manajemen kurikulum meliputi niat ikhlas dan tulus dari pendidik, pendidik profesional dan memiliki wawasan luas, loyalitas pendidik dan aktif mengembangkan metode seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi yang baik antar komponen pengelola madrasah. Faktor penghambat manajemen kurikulummeliputi lingkungan peserta didik yang kurang mendukung dalam ilmu pengetahuan terutama keluarga, kurangnya pengetahuan bagi orang tua.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Anas Wahyudi. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN . UNISAN JURNAL, 3(3), 345–353. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2444

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.