IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

Authors

  • Niken Larasati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Manajemen Berbasis Madrasah, Mutu Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil survey mengenai: (1) perencanaan sarana dan prasarana; (2) pengadaan sarana dan prasarana; (3) penyimpanan sarana dan prasarana; (4) pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian majemen sarana dan prasarana pendidikan di MA USB Filial Man Batammerupakan penelitian deskriptif dengan metode survey  dan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang manajemen mutu dan guru. Teknik pengambilan data adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang manajemen fasilitas dan infrastruktur pendidikan di MA USB Filial Man Batam, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Perencanaan fasilitas dan infrastruktur pendidikan di MA USB Filial Man Batam terbagi menjadi dua bagian, yaitu perencanaan fasilitas program dan perencanaan infrastruktur rumah tangga. 2. Pengadaan fasilitas dan infrastruktur pendidikan di MA USB Filial Man Batam juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu pengadaan fasilitas program dan pengadaan infrastruktur rumah tangga. 3. Penyimpanan fasilitas dan infrastruktur pendidikan di MA USB Filial Man Batam dilakukan di tempat penyimpanan yang khusus. 4. Pemeliharaan fasilitas dan infrastruktur pendidikan di MA USB Filial Man Batam dilakukan melalui dua tahapan, yaitu pemeliharaan sekolah dan pemeliharaan fasilitas sekolah. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan fasilitas dan infrastruktur di MA USB Filial Man Batam telah dilaksanakan dengan baik. Ini terbukti dari tahapan-tahapan yang terorganisir dengan baik, mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, hingga penyimpanan fasilitas dan infrastruktur tersebut.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Niken Larasati. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN. UNISAN JURNAL, 3(3), 377–385. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2441

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.