PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • septi yuanda Universitas Islam an nur lampung
  • untung sunaryo universitas islam an nur lampung
  • sugiran universitas islam an nur lampung

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Akhlak Peserta Didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik, Bagaimana akhlak peserta didik, dan apa faktor pendukung dan penghambat peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Way Lima Kabupaten Pesawaran. Sedangkan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.  Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan angka-angka, akan tetapi berupa kata-kata atau gambaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan (observasi), interview dan dokumentasi . Analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi yaitu, reduksi data, penyajiandata dan verivikasi. Berdasarkan hasil analisis data pada pembahasan bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan ada empat peranan yang dilakukan guru PAI   Islam dalam membina akhlak pada peserta didik, yaitu: Guru sebagai pengajar, pendidik, pembimbing dan pelatih.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

septi yuanda, untung sunaryo, & sugiran. (2023). PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNISAN JURNAL, 2(2), 858–863. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1230

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.