IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT, SIKAP DAN PERILAKU POSITIF SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TRIKARSO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • hafid irham Universitas Islam an nur lampung
  • Esen Pramudya Utama universitas islam an nur lampung
  • etika pujianti universitas islam an nur lampung

Keywords:

Pendidikan Karakter, Perilaku Positif, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan minat,sikap, dan perilaku positif siswa SD Negeri 2 Trikarso Kecamatan Sruweng, kendala-kendala yang ditemui dalam pengembangan implementasi pendidikan karakter, dan upaya – upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam pengembangan minat,sikap, dan perilaku positif siswa SD Negeri 2 Trikarso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data diangkat dari realitas yang ada di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan atau gabungan dari beberapa teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang positif bagi peserta didik setelah dilaksanakan implementasi pendidikan karakter. Supaya minat, sikap dan perilaku positif siswa SD Negeri 2 Trikarso dapat berkembang dengan baik maka pendidik perlu meningkatkan kompetensi pendidikan karakter, kedisiplinan warga sekolah, dan meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

hafid irham, Esen Pramudya Utama, & etika pujianti. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT, SIKAP DAN PERILAKU POSITIF SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TRIKARSO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNISAN JURNAL, 2(2), 871–877. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1228

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>