IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT, SIKAP DAN PERILAKU POSITIF SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TRIKARSO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Pendidikan Karakter, Perilaku Positif, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan minat,sikap, dan perilaku positif siswa SD Negeri 2 Trikarso Kecamatan Sruweng, kendala-kendala yang ditemui dalam pengembangan implementasi pendidikan karakter, dan upaya – upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam pengembangan minat,sikap, dan perilaku positif siswa SD Negeri 2 Trikarso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data diangkat dari realitas yang ada di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan atau gabungan dari beberapa teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang positif bagi peserta didik setelah dilaksanakan implementasi pendidikan karakter. Supaya minat, sikap dan perilaku positif siswa SD Negeri 2 Trikarso dapat berkembang dengan baik maka pendidik perlu meningkatkan kompetensi pendidikan karakter, kedisiplinan warga sekolah, dan meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
 
						
