KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH LUBUK BANJAR LUBUK RAJA OGAN KOMERING ULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Via Oktaf Nugrah Inganati
  • Muhammad Feri Fernadi

Keywords:

Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Akhlaq Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah Lubuk Banjar Lubuk Raja Ogan Komering Ulu pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VII dan VIII. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah Lubuk Banjar Lubuk Raja Ogan Komering Ulu pada tahun pelajaran 2022/2023 tercermin dalam beberapa aspek, antara lain kemampuan menjadi teladan, menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik, berkomunikasi dengan baik, empati, bertanggung jawab, dan memiliki kepribadian Islam yang kuat. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembinaan akhlak peserta didik oleh guru pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Lubuk Banjar Lubuk Raja Ogan Komering Ulu pada tahun pelajaran 2022/2023 dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti upacara pagi, pembacaan Quran, pelajaran Agama Islam, dan pelajaran akhlak. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara partisipatif dan menyenangkan agar peserta didik tertarik dan antusias dalam belajar.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Via Oktaf Nugrah Inganati, & Muhammad Feri Fernadi. (2023). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH LUBUK BANJAR LUBUK RAJA OGAN KOMERING ULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNISAN JURNAL, 2(2), 394–402. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1225

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.