PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Profesionalisme Guru PAI, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profesionalisme guru pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru pendidikan Agama Islam memiliki tingkat profesionalisme yang baik dalam mengelola kelas, merancang kurikulum, mengajar dengan metode yang inovatif, serta mampu membangun hubungan yang baik dengan siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru pendidikan Agama Islam meliputi pengalaman mengajar, kemampuan mengelola kelas, motivasi, dukungan kepala sekolah, dan lingkungan kerja yang kondusif. Strategi yang digunakan oleh guru pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembelajaran meliputi meningkatkan kompetensi dan pengetahuan, berkolaborasi dengan sesama guru, melakukan refleksi diri, serta mengikuti pelatihan dan seminar. Dampak dari profesionalisme guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi akademik dan karakter siswa cukup baik. Oleh karena itu, disarankan agar guru pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Palembang terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembelajaran dengan melakukan inovasi dalam metode pengajaran, serta berkolaborasi dengan guru-guru lain. Kepala sekolah juga harus memberikan dukungan dan motivasi kepada guru serta meningkatkan fasilitas dan lingkungan kerja yang kondusif.