MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AGAMA ISLAM DI SMP ALQURANIYAH NURUL HUDA KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Ferdi Kurniawan
  • Ferdi Kurniawan
  • Tamyis
  • Tamyis
  • Abdul Roni
  • Abdul Roni

Keywords:

Manajemen Supervisi. Kompetensi Guru

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru PAI, supervisi akademik kepala sekolah dalam menigkatkan kompetensi guru PAI, dan implikasi supervisi akademik kepala sekolah dalam menigkatkan kompetensi guru PAI. Kompetensi guru PAI merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan seorang guru dalam melaksanakan fungsi pembelajaran. Untuk itu dalam pengembangan dan peningkatan profesionalitas guru PAI diperlukan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogik dan manajerial. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan Guru melalui wawancara. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data, memverifikasi data, dan memberikan kesimpulan.

Keadaan  kompetensi  guru  agama  di  SMP  AL-Quraniyah  Nurul  Huda  Kec. Martapura Kab. OKU Timur, adalah sebagai berikut: Guru agama di SMP AL-Quraniyah Nurul Huda Kec. Martapura Kab. OKU Timur telah memenuhi kompetensi pedagogik, Akan tetapi dalam aspek perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis masih beberapa guru agama saja yang melaksanakanya. Aspek kompetensi berkepribadian guru agama di SMP AL-Quraniyah Nurul Huda Kec. Martapura Kab. OKU Timur para guru agama mempunyai kepribadian yang patut menjadi tauladan bagi peserta didiknya. Aspek kompetensi profesional bahwasanya guru agama SMP AL-Quraniyah Nurul Huda Kec. Martapura Kab. OKU Timur masih dibawah standar, kompetensi guru hanya sebagian kecil guru yang menerapkanya.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Ferdi Kurniawan, Ferdi Kurniawan, Tamyis, Tamyis, Abdul Roni, & Abdul Roni. (2023). MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AGAMA ISLAM DI SMP ALQURANIYAH NURUL HUDA KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. UNISAN JURNAL, 2(1), 901–910. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1210

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.