MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN MUTIARA SUNNAH
Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, Kedisiplinan Santri.Abstract
Kedisiplinan adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku. Tujuan dalam dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Tahfizh Qur’an Mutiara Sunnah Palembang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi Adapun tehnik analisa data menggunakan analisa dalam Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Mutiara Sunnah.Temuan lapangan dalam penelitian ini adalah :pelaksanaan pendidikan karakter di PPTQ Mutiara Sunnah Palembang ada kompetensi utama yang dikuasai oleh setiap guru yaitu; RPP mengatur kompetensi, implementasi kurikulum dan evaluasi. Maka, implementasi pendidikan karakter setiap pembelajaran melalui: membuat standar kompetensi lulusan (SKL) yang disusun standar (SK) disusun indicator pembelajaran, strategi evaluasi pembelajaran menerapkan semua perbaikan tersebut dengan factor pendukung danfaktor pembatas. Besarartinya, memiliki implikasi penelitianya itu setiap guru harus memiliki profesionalitas, pekerja yang baik, fungsi segar, dan kinerja yang kredibel. Artinya, memiliki implementasi pendidikan karakter adalah pendidikan dengan aspek membangun moral, (etika-estetika), kognitif, perasaan, dan aksi psikomotorik.