MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Roudia Karni Universitas Islam an nur lampung
  • Esen Pramudya Utama universitas islam an nur lampung
  • Etika Pujianti universitas islam an nur lampung

Keywords:

Manajemen Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran PAI

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara continue terhadap benda-benda pendidikan, agar senantiasa siap pakai (ready for use) dalam proses belajar mengajar  sehingga  PBM  semakin  efektif  dan  efesien  guna  membantu tercapainya  tujuan  pendidikan  yang  telah  ditetapkan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah ada banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah faktor sarana dan prasarana pendidikan. Karena tanpa adanya sarana dan prasarana yang memadai maka pembelajaran tidak akan berjalan efektif dan efisien. Tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pun akan sulit tercapai. Maka permasalahan yang ingin diangkat adalah Apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD Islam Integral Luqman Alhakim 02 Batam, bagaimana proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD Islam Integral Luqman Alhakim 02 Batam dan bagaimana hasil peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SD Islam Integral Luqman Alhakim 02 Batammelalui manajemen sarana dan prasarana pendidikan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, karena dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa SD Islam Integral Luqman Alhakim 02 Batamdalam meningkatkan kualitas Pembelajaran   menggunakan sarana dan prasarana yang telah tersedia dan siap pakai.Hal ini dikarenakan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang bagus oleh komponen-komponen sekolah.Dan hasilnya pun cukup memuaskan, baik siswa, guru maupun sekolah dapat merasakan hasilnya dengan manajemen tersebut.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Roudia Karni, Esen Pramudya Utama, & Etika Pujianti. (2023). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI . UNISAN JURNAL, 2(2), 296–303. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1101

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.