MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SDS MARYAM
Keywords:
Model kepemimpinan, Kepala Sekolah, kompetensiPedagogik Guru.Abstract
Kepala sekolah merupakan pimpinan puncak di lembaga pendidikan yang dikelolanya, sebab seluruh pelaksanaan program pendidikan di tiap-tiap sekolah dilaksanakan atau tidak tercapai atau tidak tujuan pendidikan maka sangat tergantung kepada kecakapan dan keberanian kepala sekolah selaku pimpinan.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk menjelaskan model kepemimpinan Kepala SDS Maryam PT Perkebunan Minanga Ogan Baturajadalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan rancangan kasus tunggal. Pengumpulan datanya dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data mengggunakan analisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Model Kepemimpinan Kepala SDS Maryam PT Perkebunan Minanga Ogan BaturajaDalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mata yang diterapkan adalah lebih berorientasi pada pola kepemimpinan situasional (2) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru adalah dengan menggunakan: a) Kemampuan mengelola kelas, b) Kemampuan dalam sistem pengajaran, dan c) Kemampuan dalam penataan iklim kelas. (3) Dampak Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di adalah imbas dari ketiga strategi tersebut antara lain: kompetensi guru menjadi lebih baik, lebih proaktif, guru lebih disipli, administrative, etos kerja meningkat, lebih taat akan peraturan, efektif mempersiapkan perangkat, prestasi siswa meningkat, dan guru lebih semangat up date strategi belajar berbasis IT.