MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SDS MARYAM

Authors

  • Fiat Supriatna1 Universitas Islam an nur lampung
  • Agus Sujarwo universitas islam an nur lampung
  • Atik Rusdiani3 universitas islam an nur lampung

Keywords:

Model kepemimpinan, Kepala Sekolah, kompetensiPedagogik Guru.

Abstract

Kepala sekolah merupakan pimpinan puncak di lembaga pendidikan yang dikelolanya, sebab seluruh pelaksanaan program pendidikan di tiap-tiap sekolah dilaksanakan atau tidak tercapai atau tidak tujuan pendidikan maka sangat tergantung kepada kecakapan dan keberanian kepala sekolah selaku pimpinan. 

Tujuan penelitian ini adalah Untuk menjelaskan model kepemimpinan Kepala SDS Maryam PT Perkebunan Minanga Ogan Baturajadalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan rancangan kasus tunggal. Pengumpulan datanya dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data mengggunakan analisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Model Kepemimpinan Kepala SDS Maryam PT Perkebunan Minanga Ogan BaturajaDalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik  Guru Mata yang diterapkan adalah  lebih berorientasi pada pola kepemimpinan situasional (2) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru adalah dengan menggunakan: a) Kemampuan mengelola kelas, b) Kemampuan dalam sistem pengajaran, dan c) Kemampuan dalam penataan iklim kelas. (3) Dampak Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan  Kompetensi Pedagogik Guru di adalah imbas dari ketiga strategi tersebut antara lain: kompetensi guru menjadi lebih baik, lebih proaktif, guru lebih disipli, administrative, etos kerja meningkat, lebih taat akan peraturan, efektif mempersiapkan perangkat, prestasi siswa meningkat, dan guru lebih semangat up date strategi belajar berbasis IT.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Fiat Supriatna1, Agus Sujarwo, & Atik Rusdiani3. (2023). MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SDS MARYAM. UNISAN JURNAL, 2(2), 319–328. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1098

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.