PERANGURUPAIDALAMMENCIPATAKANBUDAYAKEAGAMAANDISDISLAMYAA BUNAYYA PALEMBANG
Keywords:
Peran Guru dan Membentuk Budaya Keagaman diSekolahAbstract
Guru adalah komponen penting didalam pendidikan. Guru terlibat dalam meningkatkan Budaya keagamaan di Lingkungan sekolah. Mengingat perkembangan globalisasi dan Informasi saat ini semakin memprihatinkan, sebagaimana munculnya banyak hal – hal negatif yang perlu dihindari dan keluhan dari orang tua tentang anak yangsulit diatur. serta sering tidak menghiraukan orang tua bahkan justru lebih mementingkan bermain daripada belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiPeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Keagamaan di Lingkungan Di SD Islam Yaa Bunayya Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan ; (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Analisi yang penulis gunakan adalah triangulasi. Pembahasan hasil penelitian, bahwa dari hasil wawancara dan observasi diketahui guru pendidikan agamaIslam Di SD Islam Yaa Bunayya Palembang telah menjalankan perannya sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai motivator, sebagai teladan, sebagai fasilitator, sebagai evaluator dan sekaligus sebagai pemimpin dalam meningkatkan Budaya keagamaan di Di SD Islam Yaa Bunayya Palembang namun Budaya keagamaan belum tercipta secara maksimal hal ini karena kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurang adanya dukungan dari guru bidang studi atau mata pelajaran lain, serta tidak adanya evaluasi kepala sekolah terhadap program-program pendidikan agama Islam yang telah ditetapkan sebagai program sekolah