PELAKSANAANSUPERVISIKEPALASEKOLAHDALAMMENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SMAN 01 SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI
Keywords:
Supervisi,KinerjaGuru,danPendidikanAgamaIslamAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, Kinerja guru Pendidikan Agama Islam, dan Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan supervise kepala sekolah di SMAN 01 SMAN 01 Simpang Pematang .Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 01 Simpang Pematang. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah. Informan penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang diperoleh mengunakan cara triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data mengunakan ananalisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Supervisi kepala sekolah sudah berjalan sudah cukup baik ,akan tetapi hasilnya belum maksimal. Adapun pelaksanaan supervise meliputi Persiapan yang meliputi: menyiapkan Instrumen, penyusunan jadwal supervisi, menginformasikan kepada guru Pendidikan Agama Islam, dan menanyakan materi pembelajaran kepada guru PAI sebelum melakukan supervisi. Pelaksanaan supervise yang meliputi: observasi kelas, supervise dilakukan secara berkala, supervise dilakukan dengan teknik kunjungan kelas, dan supervise dilakukan dengan teknik pembicara individu. Tindak Lanjut dan Evaluasi yang meliputi: pemberian umpan balik kepada guru yang sudah disupervisi, dan melakukan evaluasi supervisi.