MENEJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS NUMERASI DAN LITERASI DI MI ULIL ALBAB DAN SDN 10 LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR SUMATRA SELATAN
Keywords:
Manajemen, sarana dan prasarana, mutu pendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini buat mengetahui & menggambarkan bagaimana perencanaan, pengadaan, pengaturan & penggunaan wahana & prasarana pada menaikkan mutu pendidikan pada Mi Ulil Albab Dan SdN 10 Lubuk Keliat Penelitian ini memakai metode kualitatif yaitu penelitian yg bertujuan buat menggambarkan kenyataan & konteks pada manajemen wahana & prasarana pada menaikkan mutu pendidikan pada Mi Ulil Albab Dan SdN 10 Lubuk Keliat. Hasil penelitian ini memberitahuakn bahwa; 1) Perencanaan dimulai menggunakan analisis kebutuhan wahana & prasarana apa saja yg akan diadakan. Analisis kebutuhan dilakukan melalui kedap tim pengembangmadrasah/sekolah/sekolah selanjutnya disampaikan ke kepala komite lalu pihak yayasan. 2) Pengadaan wahana & prasarana adalah swatantramadrasah/sekolah/sekolah menggunakan aturan tersendiri yg dari menurut dana BOS & komite. Proses pengadaan wahana & prasarana ditetapkan sang ketuamadrasah/sekolah/sekolah menggunakan koordinasi bendahara lalu pengajar menyediakan barang apa saja sinkron kebutuhan. Prosesnya pengadaannya kebanyakan dilakukan menggunakan cara pembelian. 3) Pengaturan wahana & prasarana pendidikan pada Mi Ulil Albab Dan SdN 10 Lubuk Keliat melalui inventarisasi, penyimpanan & pemeliharaan yg dilakukan menggunakan baik. 4) Penggunaan wahana & prasarana pendidikan dilakukan menggunakan penjadwalan dan penunjukan personel atau petugas yg sinkron menggunakan keahlian dalam bidangnya dan bertanggung jawab menggunakan wahana atau prasarana misalnya laboratorium.