KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA ADMINISTRASI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUSHAB BIN UMAIR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU 1KOTA PALEMBANG
Keywords:
kompetensi,supervise,tenaga administrasiAbstract
Dalam proses belajar mengajar, pembina madrasah berperan strategis dalam meningkatkan kualitas pengajaran, tenaga administrasi tempat guru menjalankan tugasnya, merupakan ujung tombak pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, guru sering menemui kesulitan, dan kesulitan tersebut berhenti dan gagal sehingga mempengaruhi mutu pendidikan. Peran coach atau fasilitator memiliki peran strategis dalam memberikan pelayanan kepada guru yang mengalami kesulitan atau penurunan kompetensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengimplementasikan peran pengawasan pengawas madrasah di tempat kerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga administrasi.Metode yang digunakan adalah studi kasus.Studi kasus adalah penyelidikan mendalam tentang seseorang, kelompok, organisasi atau program pada titik waktu tertentu.Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran identitas secara lengkap dan mendalam. Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi direktur SD IT Mushab Bin Umair Dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Kota Palembang .Mengidentifikasi pelaksanaan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan keterampilan profesional tenaga administrasi. Dan hasi penelitian menunjukan bahwa supervise terimplementasikan cukup baik.