PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA WAY TENONG LAMPUNG BARAT

Authors

  • Irsyad Ali Ridho Universitas Islam an nur lampung

Keywords:

Peran,Menumbuhkan Minat,Membaca,alquran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an siswa di MTs Miftahul Huda Way Tenong Lampung Barat untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dan orang tua dalam membaca Al-Qur'an.sebuah. Qur'an.untuk siswa MTs Miftahul Huda Way Tenong Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan  dengan metode kualitatif, pengumpulan dataMetode observasi, wawancara dan metode dokumenter. Data primer terdiri dari guru, orang tua dan siswa dan data sekunder digunakan untuk mendapatkan informasi secara tidak langsung dari sumbernya.Hasil penelitian tentang peran orang tua, orang tua membimbing belajar anak, mengendalikan perkembangan akademik, mengendalikan kepribadian, mengendalikan efektivitas belajar anak. Pada saat yang sama, guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator dan narasumber serta mencapai hasil yang positif yaitu meningkatnya minat membaca Al-Qur'an di kalangan siswa MTs Miftahul Huda Way Tenong Lampung Barat. Tahapan indikator dalam penelitian. Baca Al-Qur'an dengan baik dan benar, Anda tidak mengerti Tajwid, Anda tidak bisa membedakan huruf-huruf Makharijul dan Anda tidak tahu cara membaca Al-Qur'an. 

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Irsyad Ali Ridho. (2023). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA WAY TENONG LAMPUNG BARAT. UNISAN JURNAL, 2(2), 412–417. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1090

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.