MANAJEMEN MARKETING DI PLAY GROUP TKIT ADZAKIA III PADANG TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Keywords:
Manajement, Marketing, TKITAbstract
Marketing merupakan kegiatan mengenalkan produk kepada konsumen dengan tujuan konsumen tertarik terhadap produk tersebut dan akan membelinya. Penelitian ini mendiskripsikan bagaimana manajemen pemasaran TKIT, faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat pemasaran di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menghimpun data.Teknik analisis data dengan model interaktif.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.Berdasarkan hasil analisis data manajemen pemasaran TKIT di Kecamatan Bodeh yaitu dengan menggunakan cara: sosialisasi dalam kegiatan PPK, sosialisasi dalam kegiatan pengajian, sosialisasi dalam kegiatan posyandu dan door to door. Dalam pemasaran TKIT di Kecamatan Bodeh, hal ini di dukung oleh faktor: peningkatan sarana dan prasarana (tidak memiliki apa-apa menjadi memiliki gedung dan APE), peningkatan pendidikan guru (banyak yang mengikuti pendidikan S1) dan tidak adanya persaingan dengan lembaga lain di desa tersebut. Sedangkan faktor penghambat yaitu: karena orang tua belum sadar akanpentingnya Pendidikan anak Usia Dini, banyak orang tua yang merantau sehingga perhatian terhadap anak kurang dan kendala dalam biaya karena sebagian besar penduduk adalah petani musiman.