IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBLAJARAN TAHFIZ QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ALIA ISLAMIC SCHOOL BOJONG NANGKA KECAMATAN KELAPA DUA TANGGERANG

Authors

  • Yudi Kurnia Agustiady Universitas an Nur Lampung

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Tahfidzul Qur'an

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an dilakukan melalui penyusunan target hafalan dan penetapan minggu dan hari efektif setiap semester; (2) Pengorganisasian dilakukan melalui pembagian tugas dan tanggung jawab serta pembinaan struktur guru pembimbing; (3) Penggerak dilakukan melalui rapat koordinasi koordinator Tahfidz sebagai forum shering pengambilan keputusan dan arah program pembelajaran Tahfidzul Qur'an dan pelaksanaan pembelajaran dilakukan setiap hari Senin-Jumat; dan (4) Pengawasan dilakukan melalui penilaian kinerja guru pada akhir Desember dan Juni. Target pencapaian tertinggi untuk tahun kedua pelaksanaan program Tahfidzul Qur'an tahun 2017/2018 adalah juz 29 dan 30, target terendah untuk kelas 1 adalah juz 30 hingga Surat al Ghosyiyyah. Untuk kelas 1, 85% target tercapai dan 11% siswa melebihi target. Target kelas 2 mencapai 19%. Kelas 3, 10,86% mencapai target dan 0,35% siswa melebihi target. Tarjet kelas 4 mencapai 12,44%. Target kelas 5 mencapai 4,24%, dan terakhir kelas 6 target mencapai 13,79% dan 1,5% siswa melebihi target.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Yudi Kurnia Agustiady. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBLAJARAN TAHFIZ QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ALIA ISLAMIC SCHOOL BOJONG NANGKA KECAMATAN KELAPA DUA TANGGERANG. UNISAN JURNAL, 2(2), 681–685. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1060

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.