IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBLAJARAN TAHFIZ QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ALIA ISLAMIC SCHOOL BOJONG NANGKA KECAMATAN KELAPA DUA TANGGERANG
Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Tahfidzul Qur'anAbstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an dilakukan melalui penyusunan target hafalan dan penetapan minggu dan hari efektif setiap semester; (2) Pengorganisasian dilakukan melalui pembagian tugas dan tanggung jawab serta pembinaan struktur guru pembimbing; (3) Penggerak dilakukan melalui rapat koordinasi koordinator Tahfidz sebagai forum shering pengambilan keputusan dan arah program pembelajaran Tahfidzul Qur'an dan pelaksanaan pembelajaran dilakukan setiap hari Senin-Jumat; dan (4) Pengawasan dilakukan melalui penilaian kinerja guru pada akhir Desember dan Juni. Target pencapaian tertinggi untuk tahun kedua pelaksanaan program Tahfidzul Qur'an tahun 2017/2018 adalah juz 29 dan 30, target terendah untuk kelas 1 adalah juz 30 hingga Surat al Ghosyiyyah. Untuk kelas 1, 85% target tercapai dan 11% siswa melebihi target. Target kelas 2 mencapai 19%. Kelas 3, 10,86% mencapai target dan 0,35% siswa melebihi target. Tarjet kelas 4 mencapai 12,44%. Target kelas 5 mencapai 4,24%, dan terakhir kelas 6 target mencapai 13,79% dan 1,5% siswa melebihi target.