KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH BAITURRAHMAN RANTAU DURIAN 1 KAB.OGAN KOMERING ILIR
Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru PAIAbstract
Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas, menguasai berbagai jenis materi pembelajaran, menguasai teori dan praktek pendidikan, serta menguasai kurikulum dan metodologi pembelajaran. Kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian pembelajaran dan pendidikan di Madrasah namun kompetensi guru tidak berdiri sendiri, melainkan dipengaruhi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan lama mengajar. Berangkat dari paradigma tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Baiturahman Rantau durian 1 Kab. OKI Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperluas penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru yang profesional merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pengajaran minimal diwujudkan dengan penerapan pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan serta melalui penelitian tindakan, Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Baiturahman Rantau durian 1 Kab. OKI Sumatera Selatan