IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Nur septiara Universitas islam an Nur Lampung
  • erjati abas Universitas islam an Nur Lampung
  • riskun iqbal Universitas islam an Nur Lampung

Keywords:

Implementasi Manejemen Berbasis Sekolah Meningkatkan Mutu Lulusan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan manajemen semberdaya manusia pada pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Miftahul Ulum Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Aspek perbandingan itu diantaranya, perbandingan manajemen perencanaan rekrutmen pendidik, pengorganisasian penempatan tenaga pendidik dan kependidikan, penggerakan tenaga pendidik dan kependidikan, dan manajemen pengawasan pada penilaian kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan. Subjek terpenting dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru-guru, komite madrasah dari kedua sekolah tersebut. Madrasah Tsanawiyah Swasta Miftahul Ulum Bandar Lampung, memiliki banyak persamaan dan perbedaan di beberapa aspek oleh karenanya wajib untuk meningkatkan mutu madrasah serta diharapkan dapat menjadi khazanah dan masukan bagi madrasah. Hasil analisis dituangkan dalam tugas pokok dan fungsi, hasil analisis jabatan ini dilakukan pengisian dan penempatan personil dalam jabatan sesuai dengan kapasitas intelektual, kapabilitas, pengalaman kerja dan ketauladanan. penarikan dan seleksi terhadap calon GTT dan PTT dilaksanakan dengan mendasarkan pada pertimbangan prestasi akademik, non akademik, dan akhlak yang baik. pelatihan dan pengembangan SDM yang dilakukan masih cenderung pada pengukuran keberhasilan dan kegagalan pelatihan dari segi pelaksanaan, bukan berorientasi pada apakah secara efektif pelatihan yang dilaksanakan itu mampu merubah perilaku dan performance para peserta ke arah tujuan madrasah. (3) evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan tiga tahap, yaitu evaluasi bulanan, tengah semester dan evaluasi akhir tahun. Tupoksi sebagai standar pekerjaan, menjadi tolak ukur atau alat penilai tingkat keberhasilan dan kegagalan seorang pendidik dan tenaga kependidikan, dalam hal ini Kepala Sekolah sebagai supervisor yang dibantu beberapa orang yang ditunjuk.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nur septiara, erjati abas, & riskun iqbal. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG. UNISAN JURNAL, 2(2), 782–790. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1046

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.