PERAN SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU DI SMA MUHAMMADIYAH GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Authors

  • jailani Universitas islam an Nur Lampung
  • agus sujarwo Universitas islam an Nur Lampung
  • atik rusdiani Universitas islam an Nur Lampung

Keywords:

supervisi, kinerja kepala sekolah, guru

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kenyataan bahwa masalah kinerja kepala madrasah dan guru masih membutuhkan perhatian yang serius, karena kinerja mereka salah satunya dipengaruhi dengan adanya kepengawasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran supervisi  dalam upaya meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru di SMA Muhammadiyah Gadingrejo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran supervisi dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru di SMA Muhammadiyah Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berlokasi di SMA Muhammadiyah Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru. Instrumen yang dipakai untuk menggali data bersumber dari observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahwa peran supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas  terhadap peningkatan kinerja kepala madrasah dan superviisi yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru telah dilakukan dengan baik dan mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah. Selain itu Kepala sekolah secara terbuka dapat bekerjasama dengan pengawas  dalam hal supervisi sehingga lebih mampu melaksanakan perannya dalam menggerakkan, mengkoordinasikan, dan memberikan pengaruh positif terhadap guru untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga pada tahap lanjut dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

jailani, agus sujarwo, & atik rusdiani. (2023). PERAN SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU DI SMA MUHAMMADIYAH GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU . UNISAN JURNAL, 2(2), 812–818. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1042

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.