PERAN SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU DI SMA MUHAMMADIYAH GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU
Keywords:
supervisi, kinerja kepala sekolah, guruAbstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar kenyataan bahwa masalah kinerja kepala madrasah dan guru masih membutuhkan perhatian yang serius, karena kinerja mereka salah satunya dipengaruhi dengan adanya kepengawasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran supervisi dalam upaya meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru di SMA Muhammadiyah Gadingrejo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran supervisi dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru di SMA Muhammadiyah Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berlokasi di SMA Muhammadiyah Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru. Instrumen yang dipakai untuk menggali data bersumber dari observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahwa peran supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas terhadap peningkatan kinerja kepala madrasah dan superviisi yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru telah dilakukan dengan baik dan mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah. Selain itu Kepala sekolah secara terbuka dapat bekerjasama dengan pengawas dalam hal supervisi sehingga lebih mampu melaksanakan perannya dalam menggerakkan, mengkoordinasikan, dan memberikan pengaruh positif terhadap guru untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga pada tahap lanjut dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.