This is an outdated version published on 2024-05-13. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI PONDOK PESANTREN (sebuah penelitian Di Pondok Pesantren Baitul Azhar Cicadas Pandeglang)

A.Konsep Pengembangan Kurikulum Pesantren,B. Perencanaan Pengembangan Kurikulum Di Pesantren , C. Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Di Pesantren

Authors

  • Ai Patonah Ai Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Zulfan Muhriza Miftahnur Fajar

Keywords:

pengembangan, pai di pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang pengembangan kurikulum pai di pesantren Baitul Azhar Cicadas pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang melibatkan kepada guru, santri dan pihak pesantren yang mempunyai nilai-nilai kehidupan untuk membangun karakter santri agar mempunyai jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa kemandirian, jiwa persaudaraan, dan jiwa kebebasan untuk mempersiapkan diri menjadi individu berbudi luhur, berakhlak mulia, dan bermakna untuk kehidupan yang lebih baik.

Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara kepada pihak pesantren untuk mengidentifikasi Tujuan utama pengembangan pai di pesantren yang harus di tanamkan dalam kurikulum. Selanjutnya, melakukan pengamatan langsung ke pesantren. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi terhadap guru dan santri untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pengembangan pai di pesantren. Teknik analisis data menggunakan Redaksi data, penyajian data dan verifikasi data. 

Hasil penelitian ini menujukan bahwa pengembangan kurikulum pai di pesantren menunjukkan pesantren memiliki Suasana yang sangat dekat dengan nilai-nilai kehidupan yang membangun karakter santri untuk mempunyai jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa kemandirian, jiwa persaudaraan, dan jiwa kebebasan untuk mempersiapkan diri menjadi individu berbudi luhur, berakhlak mulia dan bermakna untuk kehidupan yang lebih baik. 

This research aims to dig deeper into the development of the pie curriculum at the Baitul Azhar Cicadas Pandeglang Islamic boarding school. The research method used is descriptive research involving teachers, students and Islamic boarding school officials who have life values ​​to build the character of students so that they have a spirit of sincerity, a spirit of simplicity, a spirit of independence, a spirit of brotherhood and a spirit of freedom to prepare themselves to become virtuous individuals. , noble character, and meaning for a better life.

The data collection technique is interviews with Islamic boarding schools to identify the main objectives of developing pies in Islamic boarding schools which must be embedded in the curriculum. Next, make direct observations at the Islamic boarding school. Apart from that, researchers also carried out observations and documentation of teachers and students to meet the needs and challenges faced in implementing pai development in Islamic boarding schools. Data analysis techniques use data redaction, data presentation and data verification.

The results of this research show that the development of the pie curriculum in Islamic boarding schools shows that Islamic boarding schools have an atmosphere that is very close to the values ​​of life that build the character of students to have a spirit of sincerity, a spirit of simplicity, a spirit of independence, a spirit of brotherhood, and a spirit of freedom to prepare themselves to become virtuous individuals. , have noble and meaningful morals for a better life.

References

SUWARNO IAIN Syekh Nujati Cirebon.Pondok pesantren dan pembentukan karakter santri. Vol 2. No 1 Agustus 2017.

Ade Kosasih, Vol 1, No 1 (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Di Pesantren Tradisional Jawa Barat, https://doi.org/10.24198/midang.v1i1.43840.

Khoidah, Imro Atul (2023),pembentukan karakter santri melalui lima prinsip pondok . http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25513.

Elly Malihah, Membangun Pendidikan kurikulum pada Karakter Santri Melalui Panca Jiwa

Pondok Pesantren DOI: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808.

Lisda Nurul Romdoni*, Membangun Pendidikan Karakter Santri. DOI: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808.

repository.uksw.edu pertama kali diindeks oleh Google pada Oktober 2014

Aulia Rahma Ilyas Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia *Penulis Koresponden: liaaulia636@gmail.com.

Ahmad Arifai ,RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah,

Volume 3 Nomor 2 Edisi Desember 2018.

Ahmad Budiyono, Vol.3, No.1 Maret, Prodi Pendidikan Agama Islam, STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombange-mail: onobudi.stituw@gmail.com.

Dewi Santi; Yurika AiniTadiban: Journalof Islamic Education, Volume 3no 1Juli-Desember2022.

Muhammad Anas Ma`arif,Muhammad Husnur Rofiq, Tadris, Volume.13, Nomor 1, Juni 2018. Pos-el: anasdt16@gmail.com

MujahidAshori, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islame-ISSN: On ProcessVolume1, Issue.1,2020, pp. 41-50, Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. e-mail: mujahid.ikhac@gmail.com

Aulia Rahma Ilyas Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia *Penulis Koresponden: liaaulia636@gmail.com.

Ahmad Arifai ,RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah,

Jurnal tarbiyah Islamiyah, Volume 3 Nomor 2 Edisi Desember 2018:13).

Ahmad Budiyono, Vol.3, No.1 Maret, Prodi Pendidikan Agama Islam, STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombange-mail: onobudi.stituw@gmail.com.

Dewi Santi; Yurika AiniTadiban: Journalof Islamic Education,

Volume 3no 1Juli-Desember2022.

Muhammad Anas Ma`arif,Muhammad Husnur Rofiq, Tadris, Volume.13, Nomor 1, Juni 2018. Pos-el: anasdt16@gmail.com

MujahidAshori, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islame-ISSN: On ProcessVolume1, Issue.1,2020, pp. 41-50, Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. e-mail: mujahid.ikhac@gmail.com

(Abidin, 2014; Agustinus, 2014).

(Maarif & Rofiq, 2018; Muhtifah, 2020).

(Hamalik, 2020; Muhaimin, 2023).

(Ma`arif & Rusydi, 2020).

(Zulaikhah,2018; Nihayah et al., 2020).

(Khoidah, Imro Atul (2023).

(Bandung: PT remaja Rosdakarya, 2017:10), (Hamalik, 2010).

Widodo Winarso, Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Cirebon: Agustus 2015:1).

Sulthon, Khusnurdilo, Manajemen Pondok Pesantren, (Jakarta: Diva Pustaka, 2006): 159-160.

Ahmad Arifai, Pengembangan kurikulum pesantren, Madrasah dan Sekolah.hal.13-14.)

Nurcholis Madjid, Bilik-bilik pesantren, sebuah potret perjalanan, (Jakarta: Paramadina, 1977): 8-11.

Downloads

Published

2024-05-13

Versions

Issue

Section

Articles