PENTINGNYA MENANAMKAN PENDIDIKAN FEMINIS SEJAK DINI DALAM SUDUT PANDANG R.A KARTINI

PENTINGNYA MENANAMKAN PENDIDIKAN FEMINIS SEJAK DINI DALAM SUDUT PANDANG R.A KARTINI

Authors

Keywords:

Pendidikan Feminisme, R.A Kartini, Kesetaraan Gender

Abstract

Penekanan pada pemahaman nilai-nilai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sejak usia dini merupakan langkah penting untuk mewujudkan visi Kartini dalam konteks masyarakat kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak positif dari pendekatan pendidikan feminis pada perkembangan anak-anak serta dapat mendorong pemahaman yang lebih baik bagaimana pentingnya kesetaraan gender dalam masyarakat. Pendidikan feminis yang ditanamkan sejak dini memiliki nilai penting dalam konteks pemahaman dan penerapan gagasan-gagasan R.A Kartini. Gagasan -gagasan Kartini tentang kesetaraan gender dan perjuangan perempuan yang bisa diterapkan dalam pendidikan anak-anak untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil. Dengan demikian, pendidikan feminis sejak dini dapat menjadi sarana untuk mewujudkan visi Kartini dalam konteks zaman modern.

References

Ditmawa, pentingnya pendidikan untuk masa depan, https://dit-mawa.upi.edu/pentingnya-pendidikan-untuk-masa-depan/ , diakses 3 Desember 2023

Erma Pawitasari, Pendidikan Khusus Perempuan Anatara Kesetaraan Gender Dan Islam , Journal pendidikan islam, Vol.II, No. 2 (2015).

Layla Mardlyah, Pembelajaran Berkesetaraan Gender (Kajian Implementasi Pendekatan Feminisme Melalui Buku Suplemen Paud), Jurnal studi islam gender dan anak, Vol.13 No. 01 (2018)

Muthoifin,Mohamad Ali, Nur wachidah, “Pemikiran Raden Ajeng Kartini tentang Pendidikan Perempuan dan Relevansinya terhdap Pendidikan Islam”,Jurnal Studi Islam,Vol.18, No1, (2017).

Qoiz Azizah Bin Has, Pendidikan Anak Berbasis Gender Dalam Islam, JSGA Vol 01, No. 01 (2019)

Rizal Mahmud,Sairul Basri,Sugianto, Implementasi Pendidikan Karakter Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Positif Siswa Mts Al Falah, Journal.An-nur, Vol. 9, No. 1 (2023).

Tantri Dewayani, Kartini dan Kesetaraan Gender, No One Left Behind, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13859/Kartini-dan-Kesetaraan-Gender-No-One-Left-Behind.html , diakses 1 Desember 2023

Ukhti Febiana Mufridah,”RA.Kartini dan Perjuangannya untuk Pendidikan bagi Kaum Perempuan” https://www.tamanpustaka.com/blogs/read/55/rakartini-dan-perjuangannya-untuk-pendidikan-bagi-kaum-perempuan ,diakses 13 November 2023.

Downloads

Published

2024-05-13 — Updated on 2024-05-13

Versions

Issue

Section

Articles