PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LIFE SKILL PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA

Authors

  • Suryadi IAI An Nur Lampung
  • Ali Munirom IAI An Nur Lampung
  • Sugiarto IAI An Nur Lampung

Keywords:

Pengembangan, Manajemen, Life skill, Tuna Grahita Ringan

Abstract

Life skill adalah kemampuan siswa untuk memahami diri sendiri dan potensinya dalam kehidupan, seperti penetapan tujuan, pemecahan masalah, dan hidup bersama orang lain. Bagi anak tuna grahita ringan, pembelajaran life skill pada umumnya mengembangkan pendidikan fungsional yang selaras dengan fitrahnya, yaitu  potensi manusiawi peserta didik untuk memenuhi perannya di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan model manajemen kurikulum berbasis life skill pada anak tuna grahita ringan di sekolah luar biasa. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Untuk memberikan layanan life skill kepada anak tuna grahita ringan, guru melaksanakan tugasnya sesuai dengan arahan dan foksi lemabaga dengaan melakukan persiapan mengajar yang baik, memperhatikan keberagaman/perbedaan karakteristik siswa, pendidik /pengelola bersikap demokratis dan sama-sama dalam pengembangkan strategi, serta selalu memperhatikan minat dan kebutuhan peserta didik, agar dapat menghasilkan pengalaman belajar yang maksimal sehingga peserta didik dapat menerima pelajaran keterampilan dengan baik. Perencanaan dilakukan penyusunan program rencana kerja dengan komite, tenaga pendidik dan kependidikan ditindak lanjuti sosialisasi orang tua murid dan masyrakat, dengan memberikan langkah-langkah dan evaluasi layanan pendidikan life skill.

References

Anwar. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta, 2019.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rieneka Cipta, 2006.

Broad Based Education (BBE) Depdiknas. Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya: SIC bekerjasama dengan LPM UNESA, 2003.

Brolin. Panduan Pembelajaran Berorientasi Pada Kecakapan Hidup. Jakarta: Diretorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Proyek Pengembangan Pendidikan Berorientasi Keterampilan Hidup, 2003.

———. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Depdiknas, 2002.

Dinas Pendidikan Jawa Barat. Pendidikan Berbasis Luas Kecakapan Hidup Dengan Model Pelaksanaan Pembelajaran Hidup Di Sekolah. Bandung: CV Dwi Rama, 2002.

Hidayat, Rahmat. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al Zarnuji),.” Alfuad Journal 3, no. 2 (2019).

Nuraeni. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Purwokerta: Press (Anggota APPTI), 2017.

Pradipta. “Admission System for New Students: Study of Multi Sites in Special School. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020).” Atlantis Press, 2020.

———. “Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2019.

Rifai, M, and A Fadli. Manajemen Organisasi. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2013.

Saumi, Ayu Nur. “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Pembelajaran Sains Di SD/ M.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 2, no. 2 (n.d.): 2015.

Sidi, Indrajati. Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendidikan Berbasis Luas (Broad-Based Education-BBE). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional., 2002.

Downloads

Published

2021-12-20